Shopping Cart

Total Items:
SubTotal:
Tax Cost:
Shipping Cost:
Final Total:

Buku Terlaris

There was an error in this gadget

Peminat

Hak Cipta Milik Allah Ta'ala, Hak Izin Pada Kutubooku. Powered by Blogger.

Harga; Rp. 50.000,-
Hubungi: 085885753838

Kepemimpinan adalah hal yang sangat urgen dalam khazanah Islam, Ia menjadi satu kebutuhan yang harus ada pada setiap masa dan tempat. Perubahan masyarakat membawa pada perubahan segala sendi kehidupan termasuk dalam hal kepemimpinan. Jika pada awal kehadiran Islam kepemimpinan dalam bentuk kekhalifahan dengan khalifah sebagai pemimpinnya, maka saat ini sistem kekhilafahan sudah runtuh dan digantikan dengan sistem negara modern. Khalifah telah berubah menjadi perdana menteri, sultan dan presiden. Tentu saja perubahan ini membawa pada konsekuensi dalam khazanah fiqh Islam.
Mekanisme pemilihan khalifah pada awal Islam didasarkan pada kesepakatan oleh majelis syura sementara pemilihan kepala negara pada sistem negara modern didasarkan pada kesepakatan anggota legeslatif. Perkembangan selanjutnya pemilihan kepala negara dilakukan secara langsung oleh seluruh warga negara. Hal ini membawa pada perbedaan yang nyata dalam mekanisme pemilihannya.
Permasalahan yang muncul adalah apakah dua model pemilihan kepala negara tersebut berdiri sendiri atau memiliki kerterkaitan khususnya di wilayah Republik Indonesia? Buku karya Dr. H. Sutisna merupakan satu di antara sekian referensi yang membahas tentang perbandingan mekanisme pemilihan kepala negara. Analisa yang mendalam menjadikan buku yang merupakan hasil penelitian disertasi ini layak untuk menjadi rujukan dalam memahami kedua mekanisme pemilihan kepala negara.
Semoga dengan hadirnya buku ini menjadi jembatan bagi dua sistem politik khususnya dalam bidang mekanisme pemilihan kepala negara. 

You may also be interested in the following product(s)

If you enjoyed this article, subscribe to receive more great content just like it. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Pemilihan Kepala Negara dalam Islam dan di Indonesia"

Leave a reply