Shopping Cart

Total Items:
SubTotal:
Tax Cost:
Shipping Cost:
Final Total:

Buku Terlaris

There was an error in this gadget

Peminat

Hak Cipta Milik Allah Ta'ala, Hak Izin Pada Kutubooku. Powered by Blogger.

Harga: Rp. 40.000,-
Hubungi: 085885753838

Islam sebagai Dien (aturan hidup) yang paripurna memandang bahwa perlindungan terhadap hak cipta tidak hanya melindungi hak-hak kepemilikan seseorang akan tetapi perlindungan ini akan memberikan ruang gerak yang luas bagi pencipta untuk lebih maju dan berkompetensi. Dalam ruang lingkup hak cipta karya tulis maka perlindungan ini akan menjadikan para penulis/pengarang yang berkompeten dengan keilmuannya dapat berkhidmah kepada umat dengan menyebarkan segala ilmu pengetahuan yang dimiliknya dalam bentuk karya tulis.   
Secara umum permasalahan hak cipta dalam dunia Islam tidak dikenal pada awal-awal pertumbuhan Islam, terutama berkaitan dengan hak ekonomi yang ada padanya, namun jika dilihat dari segi moral dan tanggung jawab ilmiah serta penghargaan kepada penulis maka umat Islam telah sepakat mengenai masru’nya menuliskan nama penulis di setiap karangan/tulisan.[1]
Islam telah memberikan kaidah-kaidah umum yang memberikan dasar hukum bagi kepemilikan kekayaan seorang penulis. Hal ini seperti pendapat dari Ibnu Hazm yang menyebutkan "Upah mengajar al-Qur'an, mengajar ilmu dengan cara bulanan dan dalam jumlah tertentu, jampi-jampi dengan al-Qur'an, menyalin Al-Qur'an atau buku-buku pelajaran semuanya dibolehkan.[2] Pendapat beliau ini berkenaan dengan bolehnya mengambil ujrah/upah bagi seorang pengajar, peruqyah dan penyalin buku-buku atas pekerjaannya tersebut.


[1] Imam Al-Qurthuby, Jami Li Ahkam Al-Qur'an Juz I, hlm. 27. lihat pula Muhammad Amin Suma, Pengantar Tafsir Ahkam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001, hlm. 146.  
[2] Ibnu Hazm, Al-Muhalla Juz IX,  hal. 193-194

You may also be interested in the following product(s)

If you enjoyed this article, subscribe to receive more great content just like it. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Hak Cipta Karya Tulis dalam Hukum Islam"

Leave a reply